Jumat, 25 September 2009

Sabang sasaran liburan selama lebaran

Sabang, keindahan panorama alam Sabang menjadi tempat yang diminati warga daratan propinsi Aceh untuk berkunjung kesejumlah objek wisata guna menghabiskan masa liburan selama Idul Fitri 1430 Hijriyah.

Suasana di Pelabuhan Ulee Lhee Banda Aceh
mudik via ferry

Sebahagian warga daratan, khususnya para remaja berkunjung kesejumlah objek wisata andalan yang tersebar dipulau Weh tersebut, seperti pulau rubiah, pantai iboih, pantai gapang, pantai kasih, sumur tiga, Pantai anoi itam dan juga air terjun yang ramai dikunjungi selama ini yaitu air terjun pria laot.


air terjun sabang

Hampir semua objek wisata di padati pengunjung, terutama warga daratan Aceh dan kota Medan yang memanfaatkan sisa masa liburan Idul Fitri. Tak hannya itu sejumlah pengunjung juga berasal dari warga daratan Aceh dan kota Medan keturunan Tiong Hoa.

Foto Bareng di Tugu Nolklometer
Nol Kilometer



Mereka juga memanfaatkan liburan lebaran ini untuk melakukan perjalanan wisata ke sabang.
Angkutan penyeberangan dari Banda Aceh ke Sabang, tampak sesak penuh oleh warga daratan yang berkunjung ke kota wisata tersebut. Pimpinan Cabang PT. ASDP Indonesia Ferry. Teuku Ridha, mengakui terjadinya ledakan penumpang dari pelabuhan Ulee Lhue (Banda Aceh) ke Balohan (Sabang) sejak H+2 Lebaran.
Dia mengatakan, pada hari biasa, ASDP hanya melayani satu trip penyebrangan kecuali hari rabu, sabtu dan minggu dengan menggunakan KMP BRR berkapasitas 375 tempat duduk. Tapi dalam beberapa hari ini selama libur lebaran penyebrangan dilakukan dua trip dengan kondisi penuh penumpang. Selama lebaran ini kami membah frekuensi palayaran menjadi dua kali sehari. Agar semua penumpang bisa terlayani, terutama arus kunjungan warga ke pulau Sabang,”ujarnya sambil menambahkan, ASDP juga mempersiapkan satu unit kapal cadangan yaitu KMP Pulau Simeulue yang biasanya melayani rute Banda Aceh-Pulau Aceh, untuk mengantisipasi ledakan penumpang. Jadi bagi pengunjung yang ingin ke Sabang tidak usah khawatir akan penumpukan penumpang di pelabuhan seperti yang terjadi beberapa tahun belakangan. Ia menyebutkan sejak H+1 hingga H+5) Idul Fitri tahun ini, sedikitnya 2.500 orang penumpang yang sebahagian besar warga daratan Aceh terangkut ke Sabang, untuk menikmati liburan lebaran di pulau Weh yang menyimpan daya tarik khusus bagi para penyelam, baik bagi mancanegara maupun domestik sebagai ”Worldclass Diving”.

ke rubiah

Khusus untuk wisatawan yang ingin menyebrangi atau mengelilingi objek wisata pulau rubiah, banyak tersedia transportasi penyebrangan berupa boat wisata, banana boat, juga boat fiber untuk mengangkut wisatawan. Tarif yang ditawarkanpun beragam mulai Rp 150.000, sampai dengan Rp 1.000.000, tergantung fasilitas dan pelayanan yang di berikan, disana juga tesedia lengkap perlengkapan untuk diving, snorkling, seperti oksigen, kacamata renang, dan baju pelampung (renang) khusus bagi pengunjung wanita atau pengunjung yang blum mahir berenang. Kacamata renang dan baju pelampung dapat dinikmati oleh pengunjung dengan membayar hanya RP 15.000 masing-masing per unitnya, untuk boat penyerbrangan ditawarkan dengan tarif Rp 150.000, dan yang ingin menyebrang sambil menikmati keindahan bawah laut dapat menggunakan boat yang khusus menyediakan kaca aquarium yang bisa di turunkan ke air agar pengunjung didalam boat dapat melihat keindahan terumbu karang dan beraneka ragam ikan-ikan disana dengan tarif Rp 200.000, tarif tersebut kami dapat dari salah seorang pengelola boat di pantai teping seurekui iboih,

liht kedalm air


jika anda ingin mengetahui lebih jelas bisa menghubungi ke nomor kontak beliau di 085260904101.


Bagi anda yang ingin berkunjung juga ke Sabang silahkan kunjungi situs telecenter sabang disini

1 komentar:

  1. YANI_GIRL@YAHOO.COM4 Desember 2009 10.53

    kota SABANG mang gak ada tandingan a.....
    nyesel deh klu kalian mua gak singgah ke sabang..

    BalasHapus