Sabtu, 12 Mei 2012

Tips Keliling Borobudur

Hari itu lumanyan Cerah, Borobudur tidak hanya candi, ada banyak obyek wisata menarik yang layak dikunjungi. Meski tidak membawa kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sarana transportasi yang dapat digunakan.

Tips Keliling Borobudur
Borobudur adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah dan sudah dikenal di dunia internasional karena keberadaan Candi Borobudur yang merupakan monumen Buddha termegah serta kompleks stupa terbesar di dunia. Terletak 42 km arah barat daya Yogyakarta, Borobudur dapat dicapai menggunakan kendaraan umum maupun



kendaraan pribadi. Selain wisata candi, kawasan Borobudur juga memiliki potensi wisata lain yang tersebar di berbagai tempat.

Menuju Borobudur
  • Bus dari Yogyakarta - Borobudur
    Keketulan saya sendiri berhubung temen temen yang di jogaya pada sibuk semua, jadi tidak bias menemani saya, namun  bagi temen2 mau ke Borobudur tapi tidak membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir akan transportasi menuju Borobudur. Ada banyak mini bus yang melayani trayek Jogja - Borobudur dengan frekuensi keberangkatan antara setengah hingga satu jam sekali. Bus ini beroperasi mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB. Temen2 dapat berangkat dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor. Kebetulan saya menginap di kawasan Malioboro maka saja naik angkutan jalur 4 menuju Terminal Giwangan dengan tarif Rp. 3000. Kemudian dari Giwangan ke Borobudur transit jombor di kenaik tariff Rp. 12.000. jadi jauh lebih hemat kan, (untuk backpacker sejati saya sarankan naik angkutan umum saja lebih murah,hehe)
  • Sewa Mobil dari Yogyakarta
    Jika menginginkan perjalanan yang lebih nyaman, menyewa mobil dari Yogyakarta dapat menjadi pilihan. Ada banyak tempat persewaan mobil di Jogja dengan beragam pilihan kendaraan yang siap melayani Temen2. Kebetulan saya sendiri maka saya hanya menanyakan saja dan tidak menggunakan jasa ini, ketimbang mubazir,  hehehe
Sewa Motor
Sempat terfikir untuk menyewa motor selama di Borobudur akan tetapi saya tidak tau rutenya hehe jadi ketimbang nyasar gak jadideh, namun menyewa  motor mempermudah sekaligus memperluas ruang gerak. kita bisa berkeliling ke tempat-tempat yang jauh semisal Bukit Punthuk Setumbu atau Puncak Suroloyo. Namun jika belum paham dengan kondisi serta lokasi daerah yang temen2 tuju, lebih baik temen2 naik ojek saja, tetapi sedikit lebih capek :D
Tarif sewa sepeda motor: Rp 70.000 - Rp 1d00.000 / 12 jam. Telp: +62 81915524153
Sewa Sepeda
Bagi temen2 yang memiliki jiwa petualang, menyusuri kawasan Borobudur yang masih asri dan memiliki udara yang segar menggunakan sepeda akan menjadi pilihan yang menyenangkan. Penyewaan sepeda tersebar di berbagai tempat seperti hotel-hotel tempat Anda menginap maupun di kawasan taman Candi Borobudur.
  • Tarif sewa sepeda onthel: Rp 20.000 / 10 jam
  • Tarif sewa sepeda federal: Rp 25.000 / 10 jam
  • Tarif sewa sepeda di areal candi: Rp 10.000
  • Tarif sewa sepeda tandem di areal candi: Rp 15.000
Naik Andong
Naik andong pertama kali saya ya di jogya tepatnya di kawasan Borobudur, untuk  mengunjungi kawasan perdesaan yang tersebar di
Naik Andong Dari Terminal Ke Komplek Candi Borobudur


berbagai titik, menyewa Andong adalah pilihan yang tepat. Selain bisa dinaiki beramai-ramai, temen2 juga tidak perlu capek mengayuh seperti halnya saat berkeliling menggunakan sepeda. Andong dapat dijumpai dengan mudah di terminal maupun pasar Borobudur. Andong wisata juga ada di dalam kompleks candi dan bisa digunakan untuk berkeliling mengitari candi.
  • Tarif andong keliling desa: Rp 75.000 (Rute: Dusun Klipoh - Desa Tanjungsari - Dusun Jowahan - Desa Wanurejo).
  • Tarif andong keliling candi: Rp 30.000 (untuk 4 orang sekali putaran).
Naik Kereta Kelinci (trackless train)
Selain berjalan kaki, bersepeda, atau naik andong, Anda juga bisa mengelilingi kompleks Taman Wisata Candi Borobudur menggunakan kereta mini atau yang biasa dikenal dengan nama kereta kelinci. Kendaraan ini biasanya menjadi favorit anak-anak.
Tarif kereta kelinci: Rp 5.000 / orang (sekali putaran)

7 komentar:

  1. pengen juga kesono..

    BalasHapus
  2. Cie,cie,,yang jalan jalan kemarin,,

    BalasHapus
  3. her, lo kokgak mampir ketempat gw,,kan deket tu sleman ama borobudur,hehe

    BalasHapus
  4. wah, kami malah mau ke Sabang hari ini bag heri,,sayang bang heri gak di sabang, aturan kan bisa temenin kami,hehehe

    BalasHapus
  5. Turut bangga atas terpilihnya pulau komodo sebagai seven wonders of nature..

    BalasHapus
  6. tanya dong... kalo mo naik andong yang wisata desa keliling borobudur itu dari mana ya, dari dalam area candi atau ada terminal khususnya? dah gitu .. itu pake guide ga sih, apa kusirnya bisa jadi guide juga? itu keliling2 doang, apa stop2 liat objek di desa dimaksud.
    maap ya tanya banyak... dah googling, ga ada info yang lengkap tentang ini soalnya

    BalasHapus
  7. Kalo naik andong bisa dimana saja, banyak andong berkeliaran disana, tapi biasanya di terminal depan candi, bisa mereka langsung jadi guide untuk di luar dan keliling sekitar candi atau desa desa terdekat, tapi kalo ke dalam area candi ada odong odong kalo gak mau capek, untuk naik ke Candi Borobudur sendiri ada guide khusus yang akan memandu kita nantinya , terima kasih telah berkunjung salam.

    BalasHapus