Rabu, 13 April 2011

Asiknya FireFox versi Mobile

Buat pengguna PC yang senang internet-an pasti tak asing dengan bowser Mozilla Firefox. Browser yang terkenal dengan seabreg add-on ini membuat pengguna dapat melakukan kustomisasi yang membuat pengguna dapat tampil beda. Tidak hanya add-ons, sidebar, extensions dan themes juga dapat ditambahkan.

Konon karena gandrungnya dengan browser ini, penggemarnya fanatiknya dapat bergabung di firefoxfans.com. Nah, bagi Anda pengguna dan penggemar Firefox, kini browser tersebut dapat dinikmati di ponsel. Untuk versi ponsel, browser ini dinamakan Fennec.

Meskipun browser ini baru dapat dinikmati pada ponsel dengan OS (operating system) Maemo dan Android, kemungkinan browser ini akan merambah OS lainnya. Mau tau apa saja kelebihannya, ikuti langkah berikut.

1. Download aplikasi di http://www.mozilla.com/en-US/mobile/download/ atau lewat browser bawaan ponsel dapat mengunjunginya di www.firefox.com/m .


2. Setelah browser diinstal dan dijalankan, Anda akan diperlihatkan dengan halaman awal berupa fitur sinkronisasi antara ponsel dan PC, fitur kustomisasi browser dan pengaturan saat awal membuka browser ini nantinya.

3. Pada fitur kustomisasi , menu pertama yang tampak adalah pengaturan perlu tidaknya sinkronisasi, halaman awal apa yang hendak ditampilkan dan beragam pengaturan lainnya. Layaknya browser pada PC/laptop, menu kedua berisi halaman download dimana Anda dapat membuka hasilnya download atau membuangnya (delete).

4. Menu ketiga pada pengaturan adalah update add-ons. Saat ini masih puluhan add-ons yang dapat Anda tambahkan, mulai dari bigger text (tampilan huruf menjadi lebih besar), firefound (sejenis anti theft), easy reading (menampilkan halaman dalam satu layar penuh) dan masih banyak lagi. Pilih add-ons sesuai kebutuhan Anda, karena tidak semua add-ons harus Anda tambahkan. Bila Anda selesai menambahkan add-ons, browser akan meminta Anda melakukan ‘restart’. Sedangkan fitur lanjutan berkaitan dengan ‘beta tester tools’. Ini merupakan fitur sumbang saran atau feed back buat Firefox.

5. Bila ingin mengunjungi sebuah situs, Anda dapat mengetikkan alamatnya pada bar kosong dibagian atas dan mengkliknya. Tampilan halaman web lengkap layaknya pada PC tertampil penuh. Anda dapat juga menampilkannya menjadi lebih kecil atau lebih besar dengan memanfaatkan fungsi ‘zoom’.

6. Bila kembali ke halaman utama, Anda dapat mengetikkan sebuah alamat yang pernah Anda kunjungi atau memanfaatkan fitur ‘your tabs from last time’. Artinya browser menyimpan alamat halaman yang pernah dibuka dan menampilkannya dalam urutan waktu terkini hingga yang terakhir.

Dengan mengklik pojok kiri atas, Anda dapat menampilkan catatan halaman yang pernah dikunjungi dalam format yang berbeda. Terdapat 3 opsi yang dapat Anda pilih. Menampilkan semua halaman, ataukah berdasarkan bookmark yang pernah dibuat atau history dengan urutan waktu terkini.

7. Pada saat membuka sebuah halaman, Anda dapat menyimpan tampilan halaman tersebut ke dalam format pdf. File pdf yang disimpan tersebut dapat dibuka menggunakan pdf reader atau aplikasi sejenis. Yang menarik, file pdf yang disimpan tidaklah hanya menampilkan yang tampak di layar tapi satu halaman penuh dari web tersebut. Saat uji coba, halaman facebook yang disimpan ketika dibuka menjadi 8 halaman pdf.

8. Masih banyak fitur lain yang dapat dimanfaatkan. Misalnya, Anda dapat mencari sebuah kata pada sebuah halaman web yang tampil. Sharing halaman tersebut pada beberapa situs jejaring sosial atau menambahkan sebuah search engine tertentu. Singkat kata, hampir semua fitur yang terdapat pada browser versi PC terdapat pada versi mobilenya. Bila masih butuh bantuan dalam penggunaan, pilih saja fitur helpnya.

Selamat Mencoba.....

Sumber:TabloidPulsa

2 komentar: