Minggu, 29 April 2012

Jalan-jalan ke Kota Pak Jokowi-Solo/Surakarta

Merencanakan perjalanan memang kadang gampang-gampang susah. Karena selain minimnya informasi yang kita peroleh, juga waktu jalan-jalan kita pun sangat terbatas. Dengan kata lain, setiap misi traveling selalu bermuara pada satu tujuan: tempat-tempat menarik manakah yang layak dikunjungi dengan waktu yang sangat minim. Kali ini saya akan membuat daftar jalan-jalan di Kota Solo Raya (Mencakup Sukoharjo, Boyolali, Surakarta/Solo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten atau dikenal dengan Subosukawonosraten) plus supaya waktu Anda sangat efektif dan efisien.
Banyak sekali obyek wisata menarik di Kota Solo. Namun, keterbatasan waktu jalan-jalan tentu saja membuat kita hanya memilih tempat-tempat wisata favorit saja.
Alternatif Belanja
Solo adalah kota yang tumbuh karena perdagangan. Sehingga wisata belanja di Solo pun gak ada habisnya pula. Apalagi Solo sangat terkenal sebagai pusat belanja batik. Bagi Anda para shoppaholic jangan lewatkan alternatif ini.
Pusat perbelanjaan modern pun juga hadir di kota Solo. Misalnya Anda ingin membeli Charles and Keith di Solo Paragon Mall, Karaoke Inul dan nonton XXI di Solo Square, dan lain sebagainya.
Pilihan:
1. Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo, Pusat Batik Laweyan, Pusat Batik Kauman, Solo Paragon Mall, Solo Square, Pasar Gede,

Mall Solo Paragon dengan wayang raksasa
Wisata Kuliner
Beberapa tempat kuliner hanya buka waktu malam hari. Sedangkan beberapa lainya buka siang hari. Silakan pilih sesuai selera Anda
Kuliner Siang: Tengkleng Klewer, Timlo Sastro, Soto Gading, Soto Triwindu, Bebek Pak Slamet (cabang pertama), sate buntel, dan lain sebagainya, dengan di temeni guide saya yang baru saya kenal dari temen saya Iyem, dia menjemput saya di depan solo aquare, teima kaih mas Hendri udah di temeni jalan jalan hehehe,
Kuliner Malam: Gudeg Ceker Margoyudan, Nasi Liwet Keprabon, Susu segar Shi Jack, warung “hik” atau lesehan di pinggir jalan, pusat kuliner Gladak Langen Bogan, dan lain sebagainya.
Lain-lain
Setiap hari minggu pagi diadakan Car Free Day atau jam-jam bebas kendaraan bermotor di Jalan Slamet Riyadi, jalan utama Kota Solo. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh warga Solo dan komunitas berkumpul untuk menunjukkan eksistensinya di sepanjang jalan ini. Mau bergabung atau sekedar cuci mata?
Waktu Yang Tepat Berkunjung di Solo
Sebenarnya kapanpun Anda datang ke Solo adalah waktu yang tepat. Mengapa? Tidak seperti berkunjung ke wisata kepulauan yang harus memperhatikan gelombang laut yang tinggi, wisata di Kota Solo relatif lebih aman sepanjang tahun. Hanya saja, ketika datang di musim penghujan, siap-siap sedia payung saja.
Walaupun Anda bisa datang kapan saja ke Kota Solo, akan lebih afdol kalau datang di saat-saat diadakan pagelaran semacam karnaval, pagelaran musik, festival kuliner, fashion show, dan event budaya lainnya. Anda dapat melihat kalender wisata Solo di link ini supaya match dengan jadwal jalan-jalan Anda.
Tempat wisata budaya yang terkenal di Solo adalah Keraton Surakarta, Keraton Surakarta yang dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono 11. Letaknya tepat di titik nol kota yaitu Tugu gladak yang berada di depan pintu gerbang utara Keraton. Di dalam keraton anda bisa melihat koleksi benda-benda peninggalan keraton Solo, hiasan keramik dari cina dan eropa.






Tempat Wisata Alam di Solo yang terkenal adalah Tawang Mangu. Tawang mangu berada di daerah Kabupaten Karanganyar atau sekitar 36 KM arah timur Kota Solo. Cukup dengan setengah jam perjalanan denga mobi Anda bisa melihat pemandangan alam nan indah selama perjalanan. Daerah nya berada di dataran tinggi yang berudara sejuk.
So, Sugeng Rawuh wonten kutha Solo, Welcome to Solo City, Selamat Datang di Kota Solo.

2 komentar:

  1. asik Asik Asik,,,,ke kampung batik

    BalasHapus
  2. Pastinya,,di ajak gak mau kemarin ,,hehehehe

    BalasHapus