Kamis, 15 Oktober 2009

Cara Mudah Mengatasi Windows Genuine Advantage

Windows Genuine Advantage (WGA) adalah fitur validasi keaslian windows yang akan memunculkan peringatan jika windows kita tidak asli. Fitur ini akan muncul jika kita rajin online, makanya yang paling sering kena WGA ini adalah laptop yang sering digunakan untuk online. maka tentu microsoft tidak akan dapat mengetahui apakah windows anda asli atau tidak.
wga
Bagaimana cara menghilangkan WIndows Genuine Advantage Nag Screen yang selalu muncul di Windows?

Jika kita mengaktifkan fitur auto update pada Windows XP dan mekalukan update lewat internet, Microsoft akan mengecek apakah Windows yang kita gunakan asli atau bajakan. Jika ternyata bajakan, kita diminta untuk melakukan validasi. Tentu saja validasi ini butuh uang, karena harus membeli lisensinya. Selama belum divalidasi, di system try pada komputer kita akan muncul peringatan Windows Genuine Advantage atau biasa disebut WGA Notification yang berbunyi:

Nah, bagaimana cara menghilangkannya?

Ada banyak sekali trik untuk menghilangkan Notifikasi ini. Dari sekian banyak cara, ada cara yang sangat mudah, yaitu menggunakan utility Autoruns dari sysinternals.com. Autoruns ini besarnya hanya 364 KB dan dapat langsung di running tanpa perlu di install. Download software autoruns melaui official sitenya atau bisa juga di sini

Screenshout
screenshot

Cari file dengan nama WGALogon kemudian hilangkan ceklistnya. Hanya itu. saja. ketika kita merestart komputer, peringatan itu sudah tidak ada lagi.


Jika kesulitan menemukan di mana letak WGALogon, cukup Klik File >> Klik Find dan ketikkan: wga. Tekan Enter. Item wga logon akan langsung tersorot.

Sebenarnya sampai disini sudah cukup. tapi jika kita benar-benar ingin ‘menghabisi’ sampai ke akar-akarnya. Hapus file-file berikut ini:

C:\WINDOWS\system32\WgaLogon.dll
C: \WINDOWS\system32\WgaTray.exe
C:\WINDOWS\system32\LegitCheckControl.dll

Untuk menghapus file tersebut, restart komputer terlebih dahulu. setelah direstart, baru dihapus.

Kemungkinan jika kita melakukan update online, kita akan diminta menginstal lagi file tersebut. Tapi pada kasus saya, ketika mengklik untuk mendownload update Microsoft, hanya menghilang begitu saja.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar