Rabu, 03 Maret 2010

Reverse Printing (Order)


Mungkin dalam mencetak kita akan mengalami hasil cetak yang tersusun terbalik. Saat Anda mencetak 5 halaman, maka halaman pertama ada di posisi paling bawah, halaman selanjutnya ada di atasnya hingga sampai halaman ke-5 yang ada pada posisi teratas. Hal ini dikarenakan sifat dan cara kerja dari printer yang mana dia mencetak dokumen dengan halaman pertama yang dicetak terlebih dahulu sehingga halaman pertama mendapat posisi paling bawah. Masalah tidak akan muncul kalau hanya mencetak 5 halaman, namun bagaimana kalau 500 halaman? Dengan sedikit trik, kita bisa mencetaknya dengan "urutan sebenarnya".

Jadi, dengan kata lain, kita membuat agar aplikasi mencetak halaman terakhir terlebih dahulu, sehingga hasilnya adalah halaman terakhir mendapat posisi paling bawah, atau dengan kata lain kita tidak perlu mengurutkan ulang dokumen kembali -- karena urutannya sudah benar. Pada beberapa aplikasi telah ada setting untuk hal seperti ini. Misalnya Microsoft Word, bisa dicoba mengaktifkan setting yang dapat ditemui di Office Button kemudian ke Word Options lalu ke bagian Advanced dan cari Print pages in reverse order di bawah grup Print. Untuk Word versi lama bisa disesuaikan.

Bagaimana seandainya dokumen yang saya cetak bukan dari Microsoft Word? Tenang, tadi saya katakan "beberapa aplikasi"। Sehingga ada apli
kasi lain yang mendukung reverse printing ini. Adobe Acrobat/Reader.


Bagaimana seandainya dokumen yang mau saya cetak, aplikasi yang menangani jenis dokumen ini tidak mendukung reverse printing? Untungnya, beberapa printer driver memiliki setting pada level driver untuk memungkinkan reverse printing meskipun aplikasi tersebut tidak mendukungnya. Anda bisa mengeceknya dengan menekan tombol Properties/Preferences pada kotak dialog Print. Pada printer yang saya gunakan, setting ini dapat dilihat sebagaimana pada screen shot terlampir.

1 komentar:

  1. itu untuk ngeprint menggunakan word atau dengan open office ya??

    Zikril Hakim
    laserjet cartridge

    BalasHapus