Kamis, 17 Juni 2010

Nilai dan Atur Facebook Privacy Setting dengan ClaimPrivacy

Belakangan pembicaraan mengenai keamanan data dan informasi pengguna Facebook menjadi pembicaraan serius di banyak media, terutama sejak adanya Instant Personalization di Facebook. Banyak diantaranya memutuskan untuk menghapus account Facebook-nya, yang prosesnya sendiri harus melewati banyak klik jika benar-benar menginginkan account dihapus bukan sekedar deactive.

Bagi Anda yang telah terdaftar di Facebook cukup lama, mungkin sudah mengetahui bahwa banyak setting privacy di Facebook yang memungkinkan data pribadi yang kita masukkan dapat dilihat oleh orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.


Apalagi dengan adanya Instant Personalization yang memungkinkan pihak luar untuk dapat memanfaatkan data dan informasi pribadi kita di Facebook.

Jika Anda masih berniat aktif di Facebook dan mempunyai kepedulian mengenai data pribadi Anda, sudah seharusnya Anda mengatur ulang apa-apa yang memang perlu masukkan dalam informasi Anda di Facebook serta mengatur siapa saja yang Anda beri ijin untuk melihat dan memanfaatkan informasi tersebut.

ClaimPrivacy merupakan sebuah bookmarklet yang dapat Anda gunakan untuk menilai bagian-bagian mana dalam setting privacy Facebook Anda. Dengan menjalankan bookmarklet ini, Anda dapat melihat hasil penilaian ClaimPrivacy untuk masing-masing bagian tersebut apakah sudah aman (Secure), memerlukan perhatian (Caution), atau malah tidak aman (Unsecure).

Bagian-bagaian pengaturan privacy setting yang dapat di-scan oleh ClaimPrivacy meliputi:

  • status update broadcasting
  • Instant Personalization feature
  • personal setting
  • contact setting
  • friends, tags, and connections information
  • Kemungkinan penyebaran informasi oleh teman
  • Kemungkinan penyebaran informasi oleh aplikasi

Setelah melihat status penilaian ClaimPrivacy untuk bagian-bagian tersebut, untuk membuatnya menjadi Secure, Anda harus melakukan sendiri setting privacy di Facebook, sebagian dapat dilakukan dengan tombol Fix pada hasil scanning ClaimPrivacy.



Langkah-langkah untuk menggunakan boorkmarklet ClaimPrivacy dijelaskan dalam website ClaimPrivacy. Disitu terdapat catatan bahwa saat ini terdapat masalah jika menggunakan browser Firefox, jadi untuk penggunaannya sebaiknya menggunakan Internet Explorer, Safari, atau Chrome.


Sumber : Maseko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar