Senin, 22 Januari 2018

Tips Excel Membuat Judul Tabel Berulang di Tiap Halaman (Print Title)

Membuat judul tabel berulang di tiap halaman menjadi tips microsoft excel selanjutnya  kali ini. Cara membuat judul tabel yang bisa berulang secara otomatis di tiap awal halaman microsoft excel akan sangat dibutuhkan ketika sedang bekerja dengan tabel excel yang sangat besar. Tabel dengan baris yang banyak sehingga mencapai beberapa halaman sekaligus.

Coba bayangkan, ketika membuat tabel dengan jumlah baris mencapai ratusan. Tentunya memerlukan beberapa halaman excel. Ketika judul tabel hanya terdapat di halaman pertama, akan membingungkan bagi pembaca untuk memahami tabel di halaman kedua dan seterusnya. Berbeda jika di setiap awal halaman terdapat judul tabel. Tetapi jika judul tabel tersebut harus dibuat secara manual tentu akan menjadi pekerjaan yang merepotkan juga.

Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tips microsoft excel tentang bagaimana membuat sebuah tabel yang panjang akan memiliki judul tabel yang secara otomatis terdapat di setiap awal halaman secara otomatis. Dan seperti biasa, tips yang bisa dikerjakan di excel 2007, 2010, maupun 2013 ini cukup gampang.

Setelah tabel yang dimaksud jadi, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Aktifkan "ribbon Page Layout" dengan cara mengklik tab menu "Page Layout"
  2. Klik "Print Titles"
  3. Terbukalah jendela "Page Setup", klik tab "Sheet"
  4. Pada "Print titles" isikan: a. Rows to repeat at top : Nama baris yang berisikan judul tabel b. Columns to repeat at left : Nama kolom yang berisikan judul tabel
  5. Penulisan masing-masing dengan diawali tanda "$". Semisal barisnya adalah dari baris 10 sampai 11 maka ditulis : $10:$11.
  6. Klik OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar